Selasa, 10 April 2012

Mengatur nomor halaman dengan format berbeda dalam word 2007


22.10 |


Ketika membuat skripsi atau proposal yang berupa naskah dengan banyak halaman, biasanya disertai dengan halaman daftar isi yang memuat topic atau bahasan yang ada dalam buku atau skripsi tersebut dan dicantumkan juga nomor halaman atau page number.


Dalam aturan pemberian nomor halaman terdapat dua format nomor halaman, yaitu format nomor halaman dengan angka romawi kecil, dan penomoran halaman dengan menggunakan angka standart (arabik). Penomoran halaman dengan angka romawi kecil yaitu i, ii, iii, dst biasanya diberikan mulai halaman judul, abstrak, halaman pengesahan, halaman motto, sampai dengan halaman daftar isi atau kata pengantar. Sedangkan normor halaman yang menggunakan angka standart 1, 2, 3, dst diberikan pada halaman Bab I Pendahuluan dan seterusnya.

Biasanya aturan letak memberikan nomor halaman juga berbeda. Halaman judul sampai dengan kata pengantar yang menggunakan angka romawi kecil biasanya terletak di bagian footer dan center (berada di tengah-tengah). Sedangkan halaman BAB I Pendahuluan dan seterusnya menggunakan angka standart dan nomor halamannya terletak pada header (atas) sebelah kanan (right) kecuali pada setiap halaman awal BAB berada pada footer dan center atau pada beberapa tata penulisan karya ilmiah, pada setiap halaman awal  BAB tidak diberi nomor halaman.

Untuk mengatur seperti tersebut diatas, biasanya penulis atau yang ngetik naskah membagi menjadi dua atau tiga file yang terdiri dari file yang berisi halaman judul dan satunya lagi file dengan halaman dengan nomor angka standart (BAB I, dst). Namun hal tersebut dapat kita jadikan menjadi satu file saja yang terdiri dari halaman dengan nomor romawi dan halaman dengan nomor angka standart. Untuk itu anda harus membuat section break. Dan berikut ini caranya :


Sebagai contoh, misalkan dokumen dengan 8 halaman akan di atur nomor halamannya sebagai berikut:
  • Halaman 1 sebagai cover ( tidak akan di diberi nomor halaman)
  • Halaman 2  (halaman judul) – halaman 5 ( daftar lampiran) akan diberi nomor dengan format: i, ii, iii, … dst yang diletakkan di bagian bawah tengah
  • Halaman 6 – seterusnya akan diberi nomor dengan format Arabic 1,2,3, dst…..
  • Dalam penomoran kali ini, halaman 6 sebagai bab 1 tidak akan diberi nomor (bergantung atas tata penulisan karya ilmiah masing2) sedangkan halaman 7 dan seterusnya hingga akhir bab 1 nomor halaman akan diletakkan di margin kanan atas.
Berikut cara mengaturnya:
  1.  Letakkan kursor di bagian paling bawah pada halaman 1 (cover) 
  2. Klik menu “page layout” à Break à next page


  3. Letakkan kursor pada halaman kedua, klik menu insert à page number à format page number à ubah format penomoran menjadi: i, ii, iii, … pilih start at i


  4. Selanjutnya klik lagi menu insert à page number à bottom of page à plain number 2  ( nomor halaman i, ii,iii, … akan diletakkan di bagian tengah bawah halaman). Pada ribbon design, group menu navigation, nonaktifkan tombol Link to previous. Klik tombol tersebut sehingga tidak berwarna kuning lagi. 


    Selanjutnya lihat halaman pertama (cover) hapus nomor halaman yang muncul. Hasilnya seperti gambar berikut:

  5. Pada langkah ini kita akan menomori halaman 6 dan seterusnya dengan format arabik 1,2,3,… .
  6.  Letakkan kursor di paling bawah pada halaman 5 (halaman sebelum bab 1), selanjutnya klik menu “page layout” à Break à next page
  7. Letakkan kursor pada halaman 6, klik menu insert à page number à format page number à ubah format penomoran menjadi: 1,2,3, … pilih start at 1

    Klik ganda pada Footer / nomor halaman BAB I,  Pada ribbon design, grup menu option, centang opsi "Different First Page" Sedangkan pada group menu navigation, nonaktifkan tombol Link to previous. Klik tombol tersebut sehingga tidak berwarna kuning lagi.  
    * Jika pada halaman 6 (awal bab I),  tidak akan diberi halaman, maka hapus nomor halamannya
  8.  Letakkan kursor pada  Footer / nomor  halaman 7 , halaman setelah bab 1, selanjutnya klik menu insert à page number àbottom of page à plain number 2. Pastikan  pada group menu navigation, nonaktifkan tombol Link to previous. Selanjutnya hapus penomoran yang tidak diinginkan
  9. Sampai disini yang sudah berubah, yaitu halaman cover tidak ada halamannya, judul sampai dengan kata pengantar menggunakan format nomor halaman menggunakan angka romawi kecil sedangkanpada halaman BAB I Pendahuluan menggunakan nomor halaman angka standart. 






  10.       Untuk pengaturan letak halaman selanjutnya pada bab 2 dan seterusnya pada prinsipnya menggunakan cara yang sama yaitu menghilangkan fungsi link to previous dan start at pilih secara manual halaman yang anda butuhkan.
Setelah pengaturan diatas, maka dalam satu file nomor halaman berbeda-beda formatnya, ada nomor halaman dengan format angka romawi i,ii,iii,… dan ada juga nomor halaman yang menggunakan angka standart / Arabic 1,2,3,…

Semoga tutorial ini berguna........




You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar



Design by Ikhsanul Halikin